keluhan konsumen online |
Keluhan atau permasalahan yang muncul bisa dijadikan sebagai kritik pedas agar usaha jualan online kita semakin baik dari segi pelayanan ataupun kualitas produk yang tetap harus dipertimbangkan . Dari segi pelanggan tentunya ingin membeli produk yang “sempurna” karena dari awal mereka sudah tidak bisa menyentuh secara langsung produk yang dia beli .
Jangan panik atau shock ketika anda mendapatkan sms keluhan atau permasalahan dari konsumen , anggap saja itu sebagai ujian usaha anda agar terus maju kedepannya . Berikut ini tips merespon keluhan dari konsumen dengan benar agar konsumen tidak merasa kecewa membeli produk yang anda jual .
artikel terkait : kata yang perlu dihindari penjual online
• Ramah dan santun
Ketika anda mendapatkan sms sara/bernada tidak lembut dari pembeli karena pembeli merasa kecewa dengan produk yang anda jual , anda tetap dituntut untuk ramah melayani pembeli . Ingat , mereka tidak tahu harus kemana untuk mengeluh karena andalah yang dipercaya . Jawablah dengan sopan dan santun agar pembeli melunak dan cari tahu apa permasalahan dan solusi tepat dan jitu .
• Cari tahu keluhannya
Jika pelanggan anda tidak menyebutkan permasalahannya lalu tiba-tiba menyerang anda begitu saja , maka patut bagi anda untuk mengetahui permasalahan konsumen anda . Mungkin bisa jadi permasalahan yang dikeluhkan bersifat kecil seperti pelayanan anda yang kurang cepat (low respond) ataupun pengiriman yang lama . Kebanyakan dari para pembeli online tidak mau tahu tentang proses pengiriman dan mereka menganggap bahwa proses pengiriman itu cepat , memang itu wajar sebagai pembeli karena mereka sudah membeli (membayar dulu) , takut jika nanti kenapa-napa dengan barang/uangnya .
• Minta maaf
Setelah mengetahui apa keluhan dan permasalahan yang dilontarkan pelanggan , anda segera meminta maaf dengan tulus agar mereka tidak kecewa atas pelayanan anda sebagai penjual online . Konsumen tentunya akan menerimanya karena hakikatnya kita tidak melepas mereka begitu saja akan tetapi after sales pun kita masih tetap jaga dengan baik .
• Selesaikan permasalahan dengan cepat
Segera selesaikan permasalahan konsumen anda dengan cepat jangan sampai menunda-nunda karena konsumen anda tidak punya banyak waktu bertele-tele dengan anda . Selesaikanlah keluhan dari pelanggan anda meskipun anda merasa keberatan untuk menyelesaikan semisal harus kirim barang ulang ataupun mengganti 100% uang . Tapi , itu semua tentu akan berbanding lurus jika konsumen yang tadi mengeluh membicarakan secara positif (viral positif) kepada teman-temannya bahwa anda sebagai penjual online yang bertanggung jawab .
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon