bahasa marketing |
Jika memasuki ranah bahasa marketing untuk meningkatkan penjualan online anda , maka tak sedikit orang yang belum mengerti bagaimana cara berkomunikasi atau menampilkan visual di lapak jualan online kita . Sarana komunikasi yang bersifat personalitaslah yang mampu menarik daya pembeli agar membeli produk kita . Bahasa marketing berikut ini perlu anda terapkan baik itu untuk sapaan komunikasi langsung (balas sms , bbm dll) ataupun bahasa marketing untuk lapak jualan (fjb,web store, marketplace) agar penjualan online anda meningkat , simak pembahasan berikut ini :
1. Gunakan kata Anda
Seringkali kita tidak memperhatikan masalah kecil seperti penyapaan misalnya , mulai sekarang gunakanlah kata Anda agar audiens(pembeli) merasakan interpersonalitas antara penjual dan pembeli . Mereka ingin berkomunikasi secara intim tanpa ada orang lain mengganggu . Atau anda bisa menggunakan kata-kata seperti Gan(juragan ) , sis (sista untuk wanita) ataupun nama langsung pembeli jika anda menggunakan bbm .
2. Baru
Semua orang yang membeli produk secara online menginginkan kondisinya dalam keadaan baru . Entah itu baru datang , era baru dll . Kondisi baru memberikan “feel” penasaran konsumen sehingga mereka tertarik untuk melakukan pembelian produk di toko online anda .
3. Gratis ongkir
Gratis ongkir adalah salah satu bahasa marketing yang mampu menimbulkan viral positif sehingga penjualan online anda bisa meningkat secara tajam . Perhitungkanlah secara cermat agar bisnis anda tetap hidup meskipun anda menerapkan cara “bahaya” ini . Salah satu cara menerapkan konsep gratis ongkir adalah dengan menaikkan harga setinggi mungkin lalu anda memilih jasa ekspedisi yang murah . Dan target konsumen anda harus luar P.Jawa , karena disanalah toko online/pribadi anda akan terkenal sebagai penjual online yang baik .
4. Berikan Garansi
Tak banyak penjual online yang memberikan garansi atas produk yang mereka jual . Padahal garansi ini diperlukan untuk memberikan rasa aman bagi pembeli . Wajar jika konsumen online di Indonesia merasa ragu-ragu bertransaksi jual beli online karena masih sedikit penjual online yang memberikan garansi . Garansi tak perlu yang menyusahkan penjual itu sendiri , cukup berikan garansi berlaku 3 hari sejak barang diterima konsumen , maka konsumen akan merasa aman . Jika barang sudah diterima , dan konsumen melakukan komplain setelah lewat 3 hari maka penjual bisa “kabur” akan tetapi alangkah lebih baiknya memberikan solusi terbaik agar pembeli tidak merasa kecewa .
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon