Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Merespon Permasalahan Konsumen Dengan Benar

keluhan konsumen
keluhan konsumen online
Dalam bisnis jualan online memang bukanlah hal yang baru lagi jika anda mendapatkan permasalahan atau keluhan dari pelanggan anda . Keluhan tak sepenuhnya berujung negatif karena cara pengelolaan atau cara kita menanggapinya itulah yang bisa dijadikan tolak ukur seberapa nyamankah pelanggan membeli produk ditempat anda .

Keluhan atau permasalahan yang muncul bisa dijadikan sebagai kritik pedas agar usaha jualan online kita semakin baik dari segi pelayanan ataupun kualitas produk yang tetap harus dipertimbangkan . Dari segi pelanggan tentunya ingin membeli produk yang “sempurna” karena dari awal mereka sudah tidak bisa menyentuh secara langsung produk yang dia beli .
Jangan panik atau shock ketika anda mendapatkan sms keluhan atau permasalahan dari konsumen , anggap saja itu sebagai ujian usaha anda agar terus maju kedepannya . Berikut ini tips merespon keluhan dari konsumen dengan benar agar konsumen tidak merasa kecewa membeli produk yang anda jual .

artikel terkait : kata yang perlu dihindari penjual online

•    Ramah dan santun
Ketika anda mendapatkan sms sara/bernada tidak lembut dari pembeli karena pembeli merasa kecewa dengan produk yang anda jual , anda tetap dituntut untuk ramah melayani pembeli . Ingat , mereka tidak tahu harus kemana untuk mengeluh karena andalah yang dipercaya . Jawablah dengan sopan dan santun agar pembeli melunak dan cari tahu apa permasalahan dan solusi tepat dan jitu .

•    Cari tahu keluhannya
Jika pelanggan anda tidak menyebutkan permasalahannya lalu tiba-tiba menyerang anda begitu saja , maka patut bagi anda untuk mengetahui permasalahan konsumen anda . Mungkin bisa jadi permasalahan yang dikeluhkan bersifat kecil seperti pelayanan anda yang kurang cepat (low respond) ataupun pengiriman yang lama . Kebanyakan dari para pembeli online tidak mau tahu tentang proses pengiriman dan mereka menganggap bahwa proses pengiriman itu cepat , memang itu wajar sebagai pembeli karena mereka sudah membeli (membayar dulu) , takut jika nanti kenapa-napa dengan barang/uangnya .

•    Minta maaf
Setelah mengetahui apa keluhan dan permasalahan yang dilontarkan pelanggan , anda segera meminta maaf dengan tulus agar mereka tidak kecewa atas pelayanan anda sebagai penjual online . Konsumen tentunya akan menerimanya karena hakikatnya kita tidak melepas mereka begitu saja akan tetapi after sales pun kita masih tetap jaga dengan baik .

•    Selesaikan permasalahan dengan cepat
Segera selesaikan permasalahan konsumen anda dengan cepat jangan sampai menunda-nunda karena konsumen anda tidak punya banyak waktu bertele-tele dengan anda . Selesaikanlah keluhan dari pelanggan anda meskipun anda merasa keberatan untuk menyelesaikan semisal harus kirim barang ulang ataupun mengganti 100% uang . Tapi , itu semua tentu akan berbanding lurus jika konsumen yang tadi mengeluh membicarakan secara positif (viral positif) kepada teman-temannya bahwa anda sebagai penjual online yang bertanggung jawab .

Previous
Next Post »
Thanks for your comment