Belajar Iklan Di Facebook 728x90

4 Alasan Jangan Stok Dulu

Halo sobat dropshiper di Indonesia dari Sabang sampai Merauke , gimana ni usahanya ? majukah ? mundurkah? Tetap semangat selalu aja ya . Kali ini , ane mo ngebahas masalah stok , kenapa ? karena kelemahan seorang dropshiper adalah tidak adanya stok , sehingga jika ditanya oleh konsumen untuk COD dan sejenisnya , jadi bingung deh . Tapi apa perlu ? semua tergantung keadaan dan juga kembali ke individu masing-masing , kalau ane pribadi mah kagak dulu lah , ane pikir masih belum butuh . Daripada bingung gaje gini , ane ulas 4 Alasan jangan stok dulu, cekidot 
1.    Berapakah yang minta cod ?
Apakah banyak atau sedikit . Banyak atau sedikit ini relatif , tapi yang jelas banyak itu jika dalam sehari yang minta cod-an atau datang ke tempat kita itu lebih dari 4 (patokan ane sendiri lo) dan harus kontinu , jangan karena hari ini banyak yang minta cod >4 ,ente mulai berpikir atau langsung saja mendatangkan itu produk dari suplier agan yang sudah jelas bisa mendropshipkan . Pantaulah dulu keadaan pasar dan juga produk anda sendiri . Tapi , kebanyakan dari konsumen yang minta cod/datang ditempat itu juga tingkat PHPnya besar , pertama-tama sms terus dan sampe-sampe mengganggu waktu kita juga . Jangan sampai masalah cod ini bisa bikin bubar usaha dropship agan .
2.    Produknya apa ?
Tak masalah jika produk yang anda jual dari dropship itu satu jenis , contoh satu jenis itu tidak ada perbedaan ukuran , warna , bentuk dll. Jadi ya kalo kita jual produk X , ya orang akan tahu bahwa X itu ya X ukurannya segini , warnanya ini ,bentuknya itu. Kalo perbedaan warna mungkin masih dimaklumi karena orang-orang tertentu tidak begitu peduli pada warna . Contoh produk yang ane jual dan ane berencana stok itu setrika mini ,kenapa? Karena orang akan tahu setrika mini itu ya seperti itu , ukurannya jelas , dimensi dll . Tidak seperti fashion yang harus detil ukurannya , desain dsb . rempong cyn.
3.    Apakah anda siap SDM
Jika anda menstok sendiri , berarti ada waktu yang harus anda luangkan untuk membungkus kiriman dan juga mengirim ke ekspedisi . Apakah anda punya waktu untuk itu ? Jika tidak , fokuslah pada marketing online , Jika sampai keteter , bukankah Anda yang akan rugi ? Mungkin jika anda keteter anda bisa merekrut orang-orang untuk membantu anda , tapi apakah uang yang anda dapatkan dari keuntungan produk tersebut bisa mencukupi/menggaji karyawan anda ?
4.    Untung lebih sedikit
Kata siapa jika menstok sendiri untungnya lebih banyak daripada dropship ? pikir lagi , rata-rata jika Anda membeli produk dalam jumlah semi banyak (red Cuma 6-20) dari suplier yang menyediakan dropship , selisih yang anda dapatkan Cuma 2-3rb saja (ini berdasar pengamatan ane lo) , Jadi selisih uang tidak begitu tinggi jika anda mendropship . 2-3rb ya jika sehari mampu jual 100pcs , kalo Cuma 1 2 ? Pikir lagi gan .

Mungkin 4 itu sudah cukup untuk menjadi alasan kenapa jangan stok dulu , ane bukan bermaksud untuk mengajak agan tetap nyaman dengan dropship  , tapi semata-mata ingin meluruskan saja terutama kepada dropshiper-dropshiper yang masih nubi yang baru mulai udah ngeluh gara-gara tiap ada sms dari konsumen mintanya cod , toh kalau ane pribadi berprinsip , kalo kita ngiklan (promo fb/tw,listing di tb/bn,buka toko di toped/bl , buka lapak di kaskus) yang intinya online , ya berarti itu harus dikirim via ekspedisi . Ngapain kita capek-capek buat webstore dll kalo ujung-ujungnya cod atau ketemuan ala toko konvensional , kapan Indonesia bisa maju ? kalo masalah sepele (red belanja online dgn nominal <300rb) masih ragu-ragu ? Salam dodolan !!!!


Previous
Next Post »
Thanks for your comment