Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Pilih Mana , Forum Jual Beli atau Situ s Jual Beli ?

Siang dropshiper ? wuih wajahnya cerah-cerah ? dapat pembeli berapa nih? Semoga yang laris makin laris , dan yang masih sepi pembeli semoga makin rame ya , amien. Pada kesempatan kali ini , saya akan membahas Efektifitas Forum Jual Beli dan Situs Jual Beli . Forum jual beli ini meliputi seluruh forum jual beli atau yang biasa disingkat FJB yang ada di Indonesia tidak hanya Kasku* saja , sedangkan Situs jual beli yang sifatnya seperti iklan baris di Indonesia yang terkenal semacam Tokobagu* dan Berniag* . Sebenarnya , kedua jenis situs(red FJB dan Situs Jual Beli) tidak bisa disandingkan atau bandingkan satu sama lain , karena punya sistem yang berbeda . Tapi , atas dasar perbedaan itulah , saya akan mengulas secara lebih dalam kelemahan dan kelebihan dua macam situs tersebut . Langsung saja , tanpa basa – basa , cekidot gan :
1.    Forum Jual Beli
1.a  Kelemahan
Tentu sobat dropshiper sudah membaca postingan saya sebelumnya tentang tempat/situs untuk beriklan bagi dropshiper kan ? kita akan flashback lagi mengenai situs forum jual beli di Indonesia , situs FJB semakin hari semakin marak dan semakin sengit pula persaingannya , sebut saja FJB kasku* , wuih sudah kaya kacang goreng penjual yang membuka lapak disana ,atau FJB-FJB baru semacam FJB Kompa* atau merdek* dimana banyak sekali seller yang melakukan bot postingan .  Saya tidak akan membahas masalah ramai atau tidaknya suatu forum jual beli , tapi seberapa efektifkah fjb – fjb ini dalam menggiring konversi penjualan Anda ? Kelemahan jelas terlihat pada FJB yang notabene , lapak kita akan tenggelam jika tidak ada postingan , biasanya pemilik lapak diberi kesempatan untuk menyundul 3x setiap harinya , tapi apakah dengan sundulan itu lapak/trit kita dilihat banyak orang ? sebagus apapun judul lapak/trik kita kalau tidak ada yang membuka/klik trik kita , percuma kan ? atau disundul rajin 3x setiap harinya , tapi yang lihat 1,2 orang saja ? apakah 2 orang tersebut akan menghubungi Anda ? membeli barang Anda ? kalo tidak ada orang yang lihat , lalu siapa yang akan membeli , karena banyak orang yang berjualan produk yang sama dengan kita .

1.a Kelebihan
Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh FJB , tapi sejauh mata saya memandang dan bikin lapak diberbagai forum , hanya 1 yang benar-benar leluasa (red kasku*) , selain daripada itu hanya batasan dalam mengunggah gambar yang dibatasi deti*forum (max 20 img) kompa* (15 img max) merdek*(10 img max) , selain (red kasku*) Anda tidak bisa berjualan banyak produk (img) dalam satu lapak . Kelebihan yang ditawarkan oleh FJB diantaranya unggah foto bebas (tidak ada ketentuan harus foto asli dll) , foto dalam jumlah banyak , bisa sundul (itu artinya jika lapak Anda sepi maka butuh bertahun-tahun lapak anda akan ganti) . Bisa rekber jika Anda tertarik . Dan tentunya , pembeli via FJB rata-rata sudah paham atau mengerti kalau produk yang ia butuhkan hanya bisa dibeli secara online (red kirim via ekspedesi) , barang mau kondisi baru / bekas bisa .

2.Situs Juall Beli
2.a kelemahan
Siapa yang tidak tahu tokobagu* dan berniag*? Dari iklan yang mereka lakukan di TV nasional saja kita sudah tahu , bahwa iklan / posting disitus tersebut lebih baik barang bekas tapi masih layak pakai dan ketemuan . Jelas sekali bahwa kedua situs tersebut sangat tidak bersahabat dengan dropshiper .Peraturan yang semakin ketat dalam hal teknis foto , membuat banyak orang terutama dropshiper enggan melakukan posting disitu . Kelemahan yang kedua adalah , selalu muncul lokasi iklan , misalnya saya orang semarang , lalu iklan produk Y di jakarta , pasti orang-orang yang menghubungi saya adalah orang jakarta dan minta COD (rempongnya minta ampun deh) , kalau saya iklan sesuai dengan domisil saya dan status saya seorang ds , wuih repot juga . Akan tetapi , ini bisa diakali dengan cara pendekatan secara lemah lembut kepada konsumen yang mengingikan cod . Aneh juga situs itu  , barang bekas sama baru kok lebih dianggap bagus yang bekas ? klik , ketemuan , deal gak berlaku bagi dropshiper kecuali dropship juga stok sendiri .

2.b Kelebihan
Kelebihan yang ditawarkan oleh duet situs tersebut cukup menggairahkan juga , kenapa ? Jika kita mengklik barang / produk X dikategori Rumah tangga (contoh saja) di kota / provinsi Y , maka di bagian related post akan muncul produk serupa / tidak pada kategori rumah tangga tersebut . Jadi , kesempatan iklan kita dilihat banyak orang itu sangat tinggi terlepas apakah mereka minta COD atau tidak .  Kelebihan yang paling menonjol dari kedua situs ini dibandingkan dengan FJB adalah kita bisa mengetahui produk kita termasuk paling dicari atau tidak , cocok buat yang lagi cari minat orang pada saat ini . Saya sendiri lebih menyukai situs jual beli daripada fjb karena langsung ada hasil . Pasang iklan jam 1 siang , jam 7 malam sudah ada yang sms. Bandingkan dengan FJB , sudah 4 bulan sundul 3x sehari tidak ada orang yang sms , giliran sms Cuma php . :mewek

Bagaimana sobat dropshiper ? Anda lebih suka mana ? atau yang paling rame pembelinya dari trafik mana ? komen ya .!!!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment