Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Efektifkah Berpromosi di Forum Jual Beli ?

Halo sobat dropshiper ? apa kabar ? pastinya sobat sudah membaca artikel saya berjudul “tempat/situs berpromosi khusus dropshiper” bukan ? jika belum , baca ya ! . Karena , artikel kali ini masih ada hubungannya dengan artikel tersebut . Efektikah berpromosi di forum jual beli ? judul yang saya angkat kali ini bermula tadi pagi ketika saya membuka forum droshiper di kaskus . Ada yang menanyakan , kok fjb kaskus sekarang sepi ya ? memang , akhir-akhir ini atau bahkan sejak lama ketika saya terjun memang sudah seperti ini . Lalu , artikel ini mau membahas apa ? ya tentunya alasan-alasan ketidakefektifan promosi di forum jual beli . Artikel yang saya tulis ini condong untuk mendeskripsikan bahwa forum jual beli sudah tidak efektif lagi untuk promosi . Atas dasar apa saya mengatakan seperti itu , tentunya saya punya beberapa alasan . Nah , alasan tersebut diantaranya sebagai berikut :
1.    Sundul menyundul
Jika trit / lapak kita tidak disundul(post reply) maka bisa dipastikan akan tenggelam . Apalagi jika forum jual beli tersebut sudah penuh sesak , seperti kaskus fjb atau detik fjb . Setiap hari bahkan setiap detiknya ada orang yang melakukan post replay untuk lapaknya . Sedangkan peraturan di forum-forum itu hanya bisa sundul 3 x . Menyundul pada trafik ramai pun belum tentu ada orang yang tanya via sms . Hukum di lapak / forum  jual beli adalah yang terkenal makin terkenal , yang baru makin tumbang . Jika lapaknya terkenal , otomatis banyak orang yang melakukan post reply , dan kita tahu kalau sebuah trit yang dipost reply itu akan naik ke posisi atas atau istilahnya dihalaman muka . Kesempatan orang untuk melihat lapak tersebut besar , bandingkan dengan lapak yang rajin disundul 3x tapi tidak ada orang lain yang post reply ? capek bukan ?

2.    Metode optimasi kurang
Mungkin ada bahkan ada sebuah lapak di forum jual beli semacam fjb kaskus , fjb detik bisa muncul di mesin pencari ketika orang mengetik dengan kata kunci tertentu . Tapi , tidak semua bisa melakukan seperti itu , sifatnya yang hanya “kebetulan” tak bisa dijadikan andalan . Anehnya , lapak yang terindex baik di mesin pencari itu rata-rata sudah closed trit . Jadi , ya percuma saja lapak tersebut muncul di halaman awal mesin pencari .

3.    Peraturan ribet
Peraturan fjb yang paling mudah bisa kita akui hanya di fjb kaskus saja . Selain daripadanya , semuanya susah . Contoh yang paling mudah , detik mempunyai peraturan image di lapaknya hanya mengandung 20 image atau karakter emoji dengan sundul(post reply) maksimal 5x sehari .  Kompas fjb 15 konten image atau karakter emoji , sundul 3x sehari tiap lapak , moderisasi diperlukan . Repot bukan ?

4.    Saingan berat
Maraknya penjual sistem dropship yang mudah ditemukan dimana-mana , membuat bisnis jualan di forum jual beli kian lama kian sepi . Barang dagangan yang sama , foto yang sama , harga yang sama bahkan ada yang jauh lebih murah daripada reseller lainnya . Apalagi jika produk yang kita jual merupakan produk mainstream , berat rasanya persaingan . Hanya orang yang kuat yang akan bertahan dan menjadi sukses .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment