Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Penjual Online

Jasa Ekspedisi
Salah satu penghambat dunia online shopping di Indonesia adalah masalah pengiriman barang , karena negara Indonesia adalah negara kepulauan sehingga menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi penyedia jasa ekspedisi pengiriman barang . Belakangan ini era online shop sudah menancapkan kukunya seakan bertaji , dan jasa ekspedisi pengiriman barang mulai bergairah setelah sebelumnya sempat lesu karena metode pengiriman surat – menyurat sudah punah .

Jasa ekspedisi pengiriman saat ini fokus ke online shop , jarang sekali para jasa ekspedisi ini menerima surat atau dokumen-dokumen untuk dikirimkan . Nah , bagi online shop atau penjual online ada baiknya mengetahui tips untuk memilih jasa ekspedisi yang bagus untuk kelancaran pengiriman barangnya . Tips itu diantaranya :

•    Kenali Syarat dan Ketentuan , bagi penjual online harap berhati-hati dalam memilih jasa ekspedisi pengiriman , kenalilah syarat dan ketentuan setiap ekspedisi , karena setiap jasa memiliki ketentuannya masing-masing . Diharapkan anda bisa memilih jasa ekspedisi yang murah tapi berkualitas karena ongkos kirim biasanya dibebankan kepada pembeli .

•    Pilih yang murah tapi berkualitas , setelah anda mengetahui berbagai syarat dan ketentuan tiap – tiap jasa ekspedisi , maka anda diharapkan sudah bisa memilih jasa ekspedisi mana yang akan anda tuju sebagai mitra online shop anda . Pilihlah jasa ekspedisi yang mematok ongkos kirim murah (rata-rata) tetapi memiliki track record yang baik , track record ini seperti rata-rata lama pengiriman , resi yang mudah dilacak dan terjangkau ke seluruh Indonesia.

•    Berikan tambahan material packing , setelah anda menentukan jasa ekspedisi mana yang akan Anda pilih sebagai mitra bisnis anda , maka anda perlu memperhatikan bagaimana kondisi barang yang akan dikirimkan . Jika anda lebih dominan menjual produk rentan rusak saat pengiriman , maka anda harus menambahkan sedikit material seperti plastik wrap , atau sterefoam agar produk anda terhindar dari berbagai macam kerusakan yang mungkin terjadi saat proses pengiriman . Tips yang terbaik adalah Anda tidak boleh membebankan material tambahan packing kepada pembeli (menambahkan biaya) karena ini sepenuhnya tanggung jawab anda sebagai penjual .

•    Berikan asuransi , untuk produk yang dinilai mahal , sebaiknya Anda memberikan asuransi terhadap masing-masing produk yang bernilai >200rb . Pembiayaan asuransi bisa dibebankan kepada pembeli mengingat jumlah nominal asuransi didasarkan pada berat(volume) barang x harga barang . Memberikan asuransi tentunya akan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilang saat pengiriman dan jika ini terjadi maka kita bisa menuntut ke pihak ekspedisi tersebut untuk menangani masalah tersebut .

•    Cek resi , setiap anda mendapatkan resi dari pihak ekspedisi , maka kewajiban anda selanjutnya adalah memberikan no resi pengiriman tersebut ke konsumen . Dan anda wajib memantau status resi tersebut mengingat konsumen di Indonesia masih belum familiar terhadap no resi .

Previous
Next Post »
Thanks for your comment