Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Belanja Online Mengurangi Pemanasan Global

Halo sobat dropshiper Indonesia ? 22 April kemarin kita telah memperingati hari bumi , hari bumi itu sendiri sudah diperingati sejak 22 April 1970 so udah berapa tahun ya sampai sekarang ? ngomong-ngomong tentang bumi , apa sih yang ada dibenak sobat dropshiper ? air , tanah  , udara dll kah ? well , itu kan komponen yang harus ada di planet yang layak huni , sekarang permasalahannya apa dong ? yup , Global Warming alias Pemanasan Global , pemanasan global itu sendiri sudah menjadi isu sejak lama bahkan sebelum terjadi Perang dunia 1 dan 2 sudah ada laporan – laporan penelitian tentang lapisan ozon yang mulai rusak dan mencairnya es-es di kutub utara dan selatan . Tapi ngomongin soal pemanasan global , kira-kira usaha ds kita ada pengaruhnya gak terhadap pemanasan global baik itu teknis maupun non teknis ? Oleh karenanya , ane mau ngebahas Belanja Online Mengurangi Pemanasan Global ni sobat dropshiper . kok bisa sih , ya bisa aja , berikut alasannya .. simak baik-baik ya 
 
1.    Belanja Online hemat bahan bakar
Yup , anda tinggal menghubungi seller onlinenya , terus ikutin cara pemesanan dsb , tunggu 1-3 hari barang sudah sampai dirumah , anda tak perlu panas-panas keluar rumah , macet dijalan seperti kalau anda belanja di mall ataupun toko konvensional . Palingan anda Cuma keluar rumah buat tranfer via atm/bank , tapi jaman sekarang kan sudah ada sms banking , bahkan lebih canggih lagi inet banking . Jadi , bisa dipastikan kalau belanja online itu salah satu cara untuk mengurangi pemanasan global .

2.    Hemat plastik
Coba deh kalo anda belanja di mall/toko biasa , pasti dapatnya kantong plastik kresek gitukan ? wuih itu gak ramah lingkungan sob , bandingkan dengan belanja online , barang dikirim via ekspedisi , rata-rata seller membungkus pesanannya dengan kertas bungkus cokelat sama plastik dari ekspedisinya tapi plastik tersebut sifatnya daur ulang . Mungkin ada beberapa paketan yang menggunakan packing kayu tapi itu jumlahnya sedikit , biasanya untuk produk – produk elektronik . Kalau fesyen pasti pakainya amplop coklat atau kertas kado tergantung dari sellernya saja .


3.    Hemat kertas
Yup hemat kertas kalau belanja via online , kenapa ? karena belanja via online tidak perlu menggunakan struk , palingan struk transferan atm itupun bagi mereka yang tidak bisa akses m-banking , jaman sekarang kan semua orang sudah punya m-banking entah sms banking atau inet banking . Jadi , struk transferan atm itu sifatnya opsional , tidak seperti struk belanja di mall/minimarket . Kebayang kan kalau kita belanja di mall/minimarket barang belanjaannya banyak banget , bisa panjang struknya dan itu gak ramah lingkungan sob .



4.    Hemat Listrik
Belanja via online gak perlu ngadem , gak perlu lift/eskalator , cukup duduk didepan komputer atau pencet-pencet hp , bayar tau-tau besok barang sudah sampai . Hemat listrik bukan ? coba sobat dropshiper jalan-jalan ke mall , mereka(red mall) boros listriknya minta ampun dah , eskalator gak ada yang pakai tetap saja nyala padahal konsumsi listriknya kan besar . Metode otomatis nyala(human sensor) ketika ada orang yang menginjak eskalator masih jarang diterapkan di mall-mall Indonesia bahkan yang terbesar sekalipun . AC berapa tu yang nyala di mall padahal pengunjungnya sepi , boros banget dah .

4 alasan kenapa belanja online mengurangi pemanasan global ini ane buat semata-mata untuk menyadarkan para konsumen / produsen(seller) untuk menghemat SDA guna kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang . Kita tahu bahwa pemanasan global itu tidak bisa dicegah  , tapi kita bisa memperlambat . 4 alasan yang ane kemukakan diatas belum tentu semuanya benar , jadi mohon koreksinya ya lewat kolom komentar . Follow juga @faktadroid ya !!!

 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment