Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Tips Menangani Modus Penipuan Konsumen

penipuan
penipuan online
Bagi penjual online yang sudah lama berkecimpung didunia jual beli online tentu sering menemukan pertanyaan dari konsumen “anda penipu , bukan ?” “ini penipuan ya” “maaf, nanti saya kena tipu” . Memang tidak ada yang bisa disalahkan , penjual berharap dengan menjual barangnya secara online akan menuai rupiah yang lumayan banyak daripada membuat toko fisik ,
sedangkan pembeli menginginkan barangnya namun uangnya bisa terjamin . Contoh pertanyaan konyol seperti itu biasanya diajukan oleh konsumen – konsumen pemula yang belum tahu caranya belanja online bahkan no rekening pun belum punya kemungkinan .

Tak hanya penjual online saja yang melakukan penipuan (seringnya penjual gadget bm) namun pembeli juga ada yang melakukan penipuan . Modusnya antara lain sudah sms konfirmasi transfer sekian rupiah tapi nyatanya belum , kasih foto struk atm tapi blur , kasih bukti sms transfer berhasil tapi editan . Cara seperti itu mungkin bisa ditanggulangi dengan mengecek mutasi rekening , akan tetapi jika dalam sehari jumlah orang yang mentransfer banyak tentu sangat merepotkan bukan ?

Kembali ke topik awal , pembeli yang menginginkan produk yang anda jual sering menanyakan pertanyaan – pertanyaan konyol dan tentu kita bingung mau jawab apa , simpel saja menurut saya . Anda tinggal jawab , kalau saya penipu mau apa ? atau bisa juga kasih penjelasan panjang lebar seperti ini “mohon maaf , saya bukan penipu , kalau saya penipu mungkin lapak/toko online saya sudah kena banned dan nomor saya mungkin sudah ganti atau sekarang saya lagi di penjara tapi nyatanya saya masih balas sms anda , lagian ngapain juga menipu anda dengan mengatasnamakan menjual celana dalam calvin klein seharga 55rb rupiah ? buat apa duit segitu pakai acara penipuan?”
Untuk menghindari sms yang seperti itu , ada baiknya bisa disimak tips-tips berikut ini , memang tak ada jaminan anda akan terhindar 100% tapi setidaknya meminimalisir .

•    Buat toko online entah itu via fanpage atau web store , lebih baik yang berdomain berbayar
•    Update resi setiap kali anda melakukan pengiriman entah itu di web store , fanpage , update bbm dll
•    Upload testimonial pelanggan , kalau bisa testimonial yang panjang-panjang tidak hanya “sudah terima barang xxxx”
•    Melakukan verifikasi identitas penjual online di website-website misalnya daragang.com atau polisionline
•    Sebutkan alamat toko fisik / alamat rumah anda
•    Pajang foto anda di web store
•    Pajang rekening di web store / fanpage
•    Fotonya harus jepretan sendiri , kalau bisa

Sedangkan untuk dropshipper , bisa melakukan improvisasi seperti via sms ataupun upload testimonial di bbm , karena tak selamanya pembeli online itu sejahat apa yang kita pikirkan .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment