Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Keuntungan Menjual di Situs E-commerce

bukalapak.com
bukalapak.com
Menjual produk secara online memang susah – susah gampang , mungkin dulu sebelum era mobile internet booming menjual secara online itu mudah karena tidak ada persaingannya yang ketat sehingga pada era tersebut katakanlah 2010 kebawah mudah sekali . Tapi sekarang era 2014 yang notabene sudah banyak perubahan yang terjadi di dunia jual beli online . Tahun 2009 kita mungkin hanya mengenal web store macam bhineka.com atau software-asli.com (untuk skala besar) namun sekarang muncul pemain-pemain baru macam lazada,zalora dan masih banyak lagi , seakan dunia online sudah penuh sesak tak ada ruang  untuk pemain kecil misalnya dropshipper atau produsen menengah kebawah .

Segala jenis usaha itu pasti ada tantangannya , mulai dari tantangan kecil hingga terbesar pasti akan menghampiri para pelaku usaha baik itu yang masih pemula hingga tingkat mahir yang sudah malang melintang mengarungi lautan luas usaha yang tak ada matinya .Case yang sekarang ramai saat ini adalah orang-orang berbondong-bondong menjadi seorang penjual produk secara online yang makin hari makin ramai bak cendawan di musim hujan . Entah itu fenomena sesaat karena tergiur profit teman atau memang menjadi usaha sampingan atau bahkan berani resign hanya untuk menjadi pengusaha online yang belum tentu bisa membuahkan hasil manis .

Salah satu aspek paling penting bagi pelaku online shopping adalah bagaimana cara memasarkan produk yang tepat ke khalayak . Mungkin untuk pemula baik itu skala dropshipper ataupun produsen baru berpikir bahwa dengan membuat atau memiliki akun facebook dengan jumlah pertemanan hingga ribuan bisa menjadikan sebuah lahan rupiah karena ini bisa dijadikan market untuk pemasaran produknya . Mungkin iya benar jika berpikir demikian saat facebook masih era 2010 kebawah dimana algoritma pencarian dsb masih bagus , namun sekarang hmmmm kayaknya sudah tidak relevan lagi .

Cara memasarkan produk secara online itu banyak caranya , bisa melalui akun media sosial , membuka lapak di forum jual beli , melisting iklan di situs jual beli listing , membuat web store pribadi atau membuka lapak di situs e-commerce . Nah , kali ini dropshippersukses mau mengulas keuntungan membuka lapak di situs e-commerce , e-commerce yang dimaksud adalah macam tokopedia , bukalapak , tokoone , lamido , elevania , q0100 .

E-commerce diatas adalah sebuah tempat atau bisa disebut juga pasar/mall dimana para penjual dengan produknya dari seluruh Indonesia berkumpul menjadi satu dan pembeli bisa mencari produk yang diinginkan dan tak perlu khawatir akan kasus penipuan karena pembeli tidak langsung mentranfser uangnya ke rekening penjual melainkan via situs , sebut saja tokopedia atau bukalapak yang sudah cukup familiar di masyarakat Indonesia . Nah , keuntungannya apa saja ya jualan di tokopedia atau bukalapak ? simak baik-baik ya ulasan berikut :

•    Tidak perlu memikirkan trafik
Anda tidak perlu repot memikirkan apakah ada trafik atau pengunjung yang melihat produk Anda atau tidak . Cukup daftar lalu buka toko disana dan rawatlah toko Anda sebaik mungkin agar terjadi konversi penjualan , konsumen akan datang dengan sendirinya melakukan pembelian jika produk yang anda tawarkan menarik .

•    SEO friendly
Umumnya situs-situs e-commerce yang ada di Indonesia ramah SEO dan ini sangat bagus untuk produk yang anda jual . Anda tinggal kreatif saja menulis deskripsi barang agar terindeks mesin pencari . Bahkan tak jarang bisa tampil di halaman awal .

•    Diiklankan secara gratis
Jika anda menjual produk di situs e-commerce maka anda tak perlu takut produknya tidak akan laku , mengapa ? karena pihak situs biasanya melakukan kampanye atau membuat iklan entah itu via facebook ads ataupun google adsword . Jika anda menjual produk yang termasuk diiklankan , tentunya menyenangkan bukan ?

•    Rekening bersama aman
Mungkin ini adalah keuntugan untuk pembeli tapi bagi penjual juga sangat menguntungkan sekali . Karena situs e-commerce ini sebenarnya adalah pihak ke-3 dalam menjembatani transaksi antar penjual dan pembeli dengan melakukan penahanan dana dari pembeli ke penjual dan dana baru bisa diterima penjual apabila pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan barang . Tentunya ini menjadi faktor tambahan bagi penjual , penjual tidak perlu repot-repot menangani pertanyaan dari pembeli akan sangsi terhadap toko online anda karena merasa takut ditipu .

•    Gratis
Pihak situs tidak akan memungut biaya apapun meskipun anda dalam sebulan bisa mengantongi profi jutaan dari e-commerce . Beda halnya dengan memiliki web store pribadi , Anda diharuskan membayar biaya hosting bulanan/tahunan , biaya iklan dan masih banyak lagi .

Itulah macam-macam keuntungan menjual produk di situs e-commerce , memang e-commerce ada yang menyukai ada juga yang tidak karena semua ini kembali ke pemikiran masing-masing pribadi . Kalau saya sendiri lebih menyukai situs e-commerce sebagai rekan jualan daripada web store miliki pribadi .
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
16 Desember 2015 pukul 16.16 ×

Mantap Gan |O|

Selamat Grup Minimalis dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment