Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Tipe Pengguna SosMed Untuk Bisnis Online

Tipe Follower
tipe-follower
Facebook , Twitter , Instagram , Path , Pinterest merupakan kumpulan berbagai macam sosial media yang digandrungi masyarakat Indonesia saat ini . Hampir sebagian orang pasti memiliki salah satu akun  dari 4 jejaring sosial tadi . Bahkan , ada yang punya 4 sekaligus ditambah beberapa akun pesan instan yang fitur-fiturnya sudah mirip dengan 4 jejaring sosial tersebut .


Ingin tampil eksis , ikut teman , dan tidak mau dianggap gaptek adalah alasan klasik kenapa orang Indonesia suka sekali dengan jejaring sosial . Contoh saja Instagram , fitur-fiturnya mirip dengan twitter namun lebih kaya akan karakter dan juga postingan foto yang tampil lebih besar menjadi daya pikat tersendiri bagi sebagian orang untuk memiliki akun di jejaring Instagram .

Momen seperti ini tentunya dimanfaatkan sebagian para pelaku bisnis online yang bergerak dibidang jualan online . Jejaring sosial bisa menghasilkan konversi penjualan yang sangat menggiurkan bagi pemilik bisnis online . Dengan membuat sebuah fanpage facebook , membuat akun twitter , dan juga akun Instagram , bisa dipastikan ponsel pemiliki bisnis toko online akan terus berdering . Namun , kenalilah beberapa pengguna sosial media berikut ini agar usaha keras Anda membangun toko online di jejaring sosial tidak sia-sia lantaran tidak mengetahui seluk beluk tipe masing-masing pengguna tersebut . Berikut tipe-tipenya :

•    Follower  Pendiam
Jika anda memiliki ribuan follower di Twitter namun belum begitu banyak terjadi penjualan , mungkin bisa jadi follower akun Twitter anda adalah tipe pendiam . Mereka suka memfollow akun-akun online shop namun postingan-postingan dari Online shop ini hanya sekedar dibaca saja tidak ada respon entah itu bertanya via reply twit atau Retweet atau juga pesan langsung .
Cara pendekatan dengan tipe follower pendiam yaitu mention satu persatu apa yang mereka butuhkan  setiap kali mereka “mengoceh” . Anda bisa menggunakan software atau aplikasi mention twitter otomatis setiap kali ada akun yang mengoceh dengan kata kunci yang anda bidik . Misalnya menggunakan sasbuzz .

•    Liker sejati
Jika diatas untuk pemilik akun twitter , maka yang kedua ini khusus untuk fanpage facebook atau profile facebook yang dijadikan sarana berjualan online atau juga bisa akun Instagram karena skemanya hampir mirip . Tipe liker sejati ini selalu me-like status atau postingan Anda di Fanpage namun tak kunjung ada penjualan . Biasa disebut sebagai komunitas Jempolers mania , pengguna dengan mindset jempolers mania ini sukanya hanya like saja . Biasanya akun seperti ini adalah kalangan remaja SMP , SMA dan sebagian mahasiswa .
Pendekatan yang terbaik untuk tipe liker sejati adalah membuat sebuah polling atau games berhadiah sehingga memancing mereka untuk berpartisipasi , anda juga bisa rutin memposting produk yang relevan dengan liker fanpage anda .

•    Liker idaman
Entah itu liker atau follower kita sebut , yang jelas tipe idaman ini merupakan pengguna yang aktif mengikuti perkembangan akun sosial online shop Anda . Mereka sudah terbiasa melakukan pembelian secara online via media sosial . Bahkan setiap kali anda memposting produk baru , mereka akan menanyakan bagaimana kondisi produk yang anda jual lewat postingan terbaru tersebut dan jika merasa suka , mereka akan membelinya tanpa babibu .



baca juga : cara menaikkan penjualan dengan repeat order
Tentunya tipe ini sangat diidam-idamkan semua pemilik online shop , maka dari itu jika Anda sudah memiliki beberapa entah itu dalam jumlah sedikit , sebisa mungkin memberikan servis layanan yang baik agar mereka tidak kabur atau justru menjadi bumerang bagi online shop anda sendiri mengingat segala sesuatu yang dituangkan ke dalam media sosial akan dengan mudah tersebar kemana-mana.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment