Belajar Iklan Di Facebook 728x90

6 Langkah Sederhana Memulai Jualan Online

Langkah Sederhana
melangkah-ilustrasi
Bosan jadi pegawai ? bosan dengan rutinitas kerja yang menyita banyak waktu ? bosan melamar kerja terus tapi gak diterima-terima ? mungkin sudah saatnya anda beralih karir menjadi pedagang . kenapa pedagang ? karena pedagang itu memiliki waktu
yang lebih fleksibel , kenapa saya menggunakan kata pedagang ? kenapa tidak enterprenuer ? saya lebih menyukai kata pedagang darpada enterprenuer , jika kita mengucapkan enterprenuer maka pandangan kita adalah kepada orang-orang yang memakai setelan jas rapi , sepatu vantofel kinclong tetapi jika kita menoreh kata pedagang pikiran kita langsung menuju ke pasar , dimana pedagang-pedagang sembako yang “kumal” berkumpul .

Kenapa harus berdagang ? karena dengan berdagang anda lebih leluasa dalam hal pengelolaan waktu kerja , dituntut untuk berpikir kritis dan tentunya jika usaha kita sudah auto pilot kita bisa liburan terus . Berdagang , berdagang apa saja asal itu menguntungkan . Pada hakikatnya ,berdagang adalah cara menggandakan uang lewat produk yang bisa dijual , dan produk itu tidak harus yang nyata atau bisa dipegang . Jual jasa , jual keahlian dsb juga termasuk dalam kategori berdagang . Berdagang seperti apa sih yang cocok dengan situasi sekarang yang semua sudah terkoneksi dengan internet , tentunya jualan online dong .

Jika diarikel sebelumnya memulai jualan online lebih condong kepahaman teknis , kali ini lebih membahas masalah pada diri kita sebelum memutuskan untuk menjadi penjual online . Tentunya sebelum memutuskan untuk menjadi penjual online baik itu  dropshipper atau suplier alangkah lebih baiknya memulai langkah sederhana sebelum terjun langsung . Langkah sederhana itu diantaranya :

•    Reflesi diri anda , baiknya anda melakukan refleksi diri anda sedari mungkin , ini dibutuhkan agar jualan online anda memilki tujuan . Anda harus mengevaluasi diri anda terhadap ketertarikan , hobby , kemampuan baik financial maupun non financial . Ini diperlukan untuk penentuan produk apa yang bisa anda jual apakah itu jasa atau produk

•    Taksir potensi jualan anda , apakah anda menjual produk atau jasa , anda harus menghitung peluang produk / jasa anda di masyarakat , apakah memiliki potensi yang bagus atau tidak . Jika anda tidak bisa menghitung secara eksak mungkin membuat sebuah kuesioner dan dibagikan ke khalayak umum ataupun saudara,tetangga anda bisa jadi pilihan .

•    Atur strategi anda , strategi perlu anda susun sedari awal , ini berguna agar kedepannya jualan anda tidak salah arah . Stategi meliputi pemasaran , keuangan , membangun brand/merk , purna jual dan sebagainya .

•    Modal awal , apakah anda menjual produk sebagai jualan anda atau jasa semuanya memerlukan modal . Modal bisa berbentuk materi atau nonmateri , seberapa besar jualan anda ditentukan dari sebesar pula modal awal anda . Modal awal ini bisa digunakan untuk pembelian produk , pembelian barang-barang pendukung ataupun biaya iklan .

•    Perbanyaklah akses , karena anda “menjual” didunia online , maka sewajarnya anda memilki banyak akun jejaring sosial yang sesuai dengan minat anda . Media sosial saat ini merupakan alat yang ampuh menciptakan viral marketing di dunia maya .

•    Jangan takut , mungkin diawal-awal usaha profit yang anda dapatkan masih sedikit bahkan bisa dibilang hampir tidak ada sama sekali , namun anda jangan takut karena diluaran sana anda punya teman yang bernasib sama . Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru yang bisa meningkatkan tingkat penjualan anda .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment